FAQ

Apa keuntungan bagi pembeli?
RekBer yang mengawal progress transaksi online Anda. Penjual tidak akan menerima pembayaran sebelum barang diterima dan dinyatakan berstatus “OK” oleh buyer.
Apa keuntungan bagi penjual ?
Bekerja sama dengan REKBER adalah tempat memulai yang tepat untuk Anda, terutama untuk penjual baru, karena terkadang sangat sulit meraih kepercayaan pembeli
Berapakah biayanya ?
Silakan liat diatas. Fee ini dapat ditanggung oleh pembeli atau penjual, dapat juga ditanggung kedua belah pihak, tentunya setelah ada kesepakatan diantara dua pihak tersebut.
Barang apa saja yang boleh ditransaksikan di RekBer?
Mulai dari software, domain, console game, hardware komputer, handphone, PDA, iPod, sepatu, baju, dll. Selama barang tersebut tidak melanggar undang-undang yang berlaku di Republik Indonesia dan di daerah masing-masing.
Kapan penjual menerima pembayarannya ?
Apabila barang telah diterima dan dinyatakan berstatus “OK” oleh pembeli
Berapa lama biasanya proses ini berlangsung ?
Tergantung dari cepat tidaknya progress dan respon yang dilakukan oleh pembeli maupun penjual. Untuk proses transfer dana ke penjual maksimal 1×24 jam setelah pembeli mengkonfirmasi status bahwa transaksi telah “OK”
Bagaimana jika pembeli tidak mengkonfirmasi jika barang sudah diterima ?
REKBER memberikan tenggat waktu maksimal 2 hari kerja sejak barang sudah diterima menurut statement dari kurir. Jika tidak ada konfirmasi dari pihak pembeli, maka GUE akan melakukan pembayaran ke penjual, dengan catatan terlebih dulu mengecek ke jasa kurir yang digunakan pada saat pengiriman. Yang jelas, gue tidak ingin berlama-lama memegang dana pembeli
Bagaimana jika penjual mengirimkan barang tetapi isinya tidak ada?
REKBER tidak dapat menjamin bahwa keadaan tersebut tidak akan terjadi. Untuk itu, pembeli wajib membuka paket di depan kurir logistik agar ada minimal 2 saksi. Jika hal tersebut terjadi, maka RekBer akan menjadi penengah dan tetap menahan dana tersebut sampai ada kesepakatan dari kedua belah pihak. Pada prinsipnya, RekBer menjaga transaksi seadil-adilnya. Seluruh persetujuan (seperti biaya fee, bagaimana jika barang tidak cocok, apa saja yang diberikan, dsb) harus sudah disepakati terlebih dahulu sebelum transaksi dimulai agar proses jual-beli dapat berjalan lancar.
Siapa yang harus membayar ongkos kirim ?
Hal ini wajib dibicarakan terlebih dahulu antara pembeli dan penjual. Fasilitas REKBER hanya dapat dilakukan jika kedua belah pihak telah setuju mengenai Ketentuan yang berlaku di REKBER
Bagaimana jika barang tidak dikirim tetapi penjual “mengkonfirmasi” bahwa barang telah dikirim ?
REKBER akan menghubungi penjual untuk meminta bukti pengiriman. Jika dalam waktu 3 hari kerja sejak penerimaan dana oleh RekBer tidak ada kabar berita, RekBer akan mengembalikan dana pembeli, setelah dipotong fee.
Bagaimana jika barang tidak sesuai perjanjian ?
Untuk itulah pentingnya pembeli dan penjual saling memberikan informasi yang akurat dan benar. Sangat disarankan untuk menulis hal-hal yang disepakati di situs/thread

Apakah pembeli dapat menolak barang ini ?
Barang dapat ditolak jika barang tidak dalam keadaan yang sudah dijanjikan oleh penjual. Dana akan dikembalikan setelah dipotong fee kepada buyer, setelah ada konfirmasi barang diterima kembali oleh penjual (dapat dibuktikan dengan resi ke jasa logistik).
Apakah identitas, alamat, nomor rekening bank (baik pembeli dan penjual) akan diketahui oleh orang lain ?
Tidak. Informasi tersebut hanya digunakan oleh REKBER untuk mengirimkan dananya.
Mengapa di halaman Pemegang Rekber tidak tercantum nama dan nomor rekening Bank?
Selain untuk mencegah pembeli langsung mentransfer dana ke RekBer dan akhirnya mempersulit proses pengecekan, kami juga tidak ingin data-data kami digunakan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Jika Anda menggunakan jasa kami, nama dan nomor rekening tersebut akan kami beritahukan dengan sendirinya
Kemana saya sebagai pembeli harus mentransfer dananya?
Pembayaran dilakukan ke nomor rekening yang akan diberikan oleh gue. Jangan mentransfer dahulu sampai ada konfirmasi dari gue. Waspadalah terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan REKBER pa lagi yang mengatasnamakan ane, cuma via sms dengan nomor diatas
Siapa yang bertanggung jawab jika barang rusak di perjalanan ?
Sebelum barang diterima oleh pembeli maka tanggung jawab ada pada penjual, ada baiknya pengiriman dilindungi oleh asuransi. Paket yang telah diasuransikan akan menjadi tanggung jawab jasa logistik. RekBer sangat menyarankan untuk mengasuransikan barang berharga yang Anda transaksikan. Rata-rata besaran asuransi adalah 0,2% dari nilai barang, ditambah biaya administrasi. Mohon hubungi jasa logistik yang akan Anda pakai
Apakah saya bisa menggunakan RekBer jika bukan member kaskus?
Bisa. Selama ada link barang yang dijual untuk bukti transaksi
Apakah saya bisa membatalkan transaksi ?
Bisa. Sebelum barang dikirim oleh penjual, transaksi bisa dibatalkan. Harap konfirmasikan dulu kepada penjual, jika penjual sudah konfirmasi OK mengenai pembatalan ke REKBER maka seluruh dana akan dikembalikan setelah dipotong fee. Pembatalan ini memerlukan persetujuan kedua belah pihak.
Bagaimana prosedur pembatalan transaksi ?
Prosedur untuk pembatalan transaksi apabila barang tidak sesuai dengan kesepakatan maka yang pertama dilakukan adalah konfirmasi ke RekBer dan pihak penjual, apabila tidak bisa dinegosiasikan masalah tersebut maka barang bisa direturn ke penjual, setelah penjual menerima kembali barangnya maka dana yang dititipkan ke RekBer dapat dikembalikan dengan dikurangi fee.
Transaksi hanya dapat dilakukan dengan mata uang Rupiah dan rekening bank yang terdaftar pada Bank Indonesia

Leave a comment